Kinerja April 2018

Dari penutupan bursa di akhir tahun index sudah turun sekitar 5,7% hingga akhir bulan April kemarin. Jika kita hitung dari harga tertinggi index yang mencapai 6689 di bulan Februari, index malah turun lebih dalam lagi (-10%). Penurunan index ini memberi peluang bagi kita untuk mengatur portofolio lebih baik lagi. Beberapa saham yang kita ambil menjadi lebih murah lagi.

Menyambung aktifitas kita bulan Maret kemarin, beberapa hal juga kita lakukan sepanjang bulan April baik itu menjual saham yang kurang potensial dan mulai membidik saham – saham yang kita target untuk pegang jangka panjang. Jumlah emiten yang kita masukkan kedalam portofolio kita rampingkan. TSPC menjadi pilihan kita untuk jangka panjang. Beberapa poin yang menjadi pertimbangan kita hingga akhirnya memasukkan TSPC kedalam porto jangka panjang:

  • Meskipun bukan emiten yang tergolong murah sekali (PBV 1.4), namun harga TSPC sudah sangat banyak terdiskon jika kita melihat harga tertinggi yang pernah dicapai (4750 per share).
  • Secara keuangan emiten sangat sehat sekali. Meskipun terjadi penurunan net income, namun tidaklah signifikan. Kita melihat posisi utang juga yang selalu sehat, tidak lebih setengah dari nilai ekuitas.
  • Posisi casflow yang juga sangat positif jika kita lihat secara historis, emiten selalu membukukan casflow positif rata – rata 561 milyar pertahun.

Kita sudah memasukkan emiten ini kedalam portofolio dalam porsi sedikit. Untuk kedepan kita mengharapkan harga masih akan turun untuk menambah koleksi di harga yang lebih murah lagi.

Untuk ringkasan kinerja kita bulan April 2018, tergambar seperti tabel dibawah.

Index Close Mar.2018 Close Apr.2018 MOM % YOY % Sum %
IHSG 6188.987 5994.595 -3.14% -5.68%
Portofolio 1276.312 1137.728 -10.85% 3.40% 13.77%

Catatan:

  1. Bulan April adalah bulan kedua kinerja kita minus dalam tahun ini. Namun hal ini sejalan dengan kondisi saham di bursa pada umunya, terlihat dari index bursa juga yang masih menurun.
  2. Kita mengharapkan kinerja yang membaik di bulan Mei ini. Seiring dengan sudah keluarnya laporan keuangan kuartal 1, kita harapkan kinerja kita akan kembali positif diakhir bulan Mei.
  3. Sebagian besar porto kita masukan dalam saham BUMI. Hasil laporan kuartal 1 yang sudah keluar terlihat kinerja emiten yang sudah lebih baik lagi. Kenaikan harga saham BUMI yang kita harapkan terjadi dibulan ini akan meningkatkan kinerja portofolio kita secara signifkan.